Image

Rencana Strategis

 

2.   Strategi Pencapaian Visi, Misi, dan Tujuan.
Sasaran dan strategi pencapaian Prodi Periode Tahap I: 2018/2019 – 2019/2020, dan Tahap II: 2020/2021 – 2021/2022, dijabarkan sebagai berikut.
Tabel 2.13. Sasaran dan Strategi Pencapaian
Sasaran Mutu Tahap I Tahap II Strategi Pencapaian
2018/2019 2019/2020 2020/2021 2021/2022
A.  Pendidikan dan Pengajaran
1.   Kualitas Pendidikan dan Pengajaran
Rata-rata IPK 3,25 3,40 3,55 1.    Melaksanakan pemantauan terhadap prestasi akademik mahasiswa secara periodik.
2.    Memberikan layanan bimbingan akademik secara intensif dan terjadwal.
3.    Mengadakan pengarahan akademik untuk meningkatan prestasi mahasiswa dan kualitas pengajaran
Rata-rata lama studi (tahun) 2 tahun 2 tahun 2 tahun 1.    Memberikan bimbingan bimbingan tesis secara intensif dan terjadwal.
2.    Memberikan layanan bimbingan akademik secara intensif dan terjadwal.
Rata-rata waktu tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang pertama 0 tahun 0 tahun 1.    Melakukan jalinan kerjasama dengan pihak
stakeholders dan alumni untuk menyalurkan lulusan.
2.    Melaksanakan promosi/ menawarkan lulusan kepada
stakeholder.
3.    Meningkatkan daya saing lulusan melalui peningkatan prestasi akademik.
Keterserapan lulusan 100% 100% 1.    Melakukan kerjasama dengan stakeholders dan alumni untuk menyalurkan lulusan.
2.    Melaksanakan promosi/menawarkan lulusan kepada
stakeholders.
3.    Meningkatkan daya saing lulusan melalui peningkatan prestasi akademik.
Peningkatan karir bidang pekerjaan 1.    Penguatan jaringan kerjasama dengan alumni.
2.    Melaksanakan promosi/ menawarkan lulusan kepada
stakeholders.
Sasaran Mutu Tahap I Tahap II Strategi Pencapaian
2018/2019 2019/2020 2020/2021 2021/2022
Ketersediaan Silabus dan RPS 1.    Melakukan  kajian  tentang kebutuhan  stakeholders.
2.    Melakukan revisi Silabus dan RPS secara berkala setiap tahun sesuai dengan kebutuhan stakeholders.
2.   Kurikulum
Peninjauan kurikulum 1.    Melakukan benchmarking kepada program studi sejenis di perguruan tinggi lain.
2.    Peninjauan dan pengembangan kurikulum setiap tiga
tahun.
Ketersediaan kurikulum berbasis kompetensi dan link and match 1.    Mengembangkan kerja sama dengan eksternal/
stakeholders dan asosiasi profesi.
2.    Melakukan kajian terhadap kebutuhan tenaga kerja di lapangan.
B.  Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
1.   Penelitian
Jumlah penelitian yang dibiayai oleh PT sendiri 21 17 26 30 a.    Mengagendakan kegiatan dan anggaran penelitian secara teratur dan terjadwal setiap tahun.
b.    Melakukan pelatihan penyusunan proposal penelitian
Jumlah penelitian yang dibiayai oleh luar PT 3 4 Melaksanakan pelatihan penyusunan proposal hibah bersaing melalui kegiatan workshop dengan mengundang
tenaga ahli dari luar..
Publikasi karya ilmiah tingkat nasional 6 7 10 15 Mengoptimalkan kebijakan STKIP Pasundan  dalam menentukan beban kerja dosen termasuk kebijakan insentif bagi para penulis.
Jumlah publikasi karya ilmiah tingkat internasional 1 3 5 8 Mengoptimalkan kebijakan STKIP Pasundan  dalam
menentukan beban kerja dosen termasuk kebijakan insentif bagi para penulis.
2.   Pengabdian kepada Masyarakat
Jumlah PkM  yang dibiayai oleh PT sendiri 7 6 10 12 Mengagendakan kegiatan dan anggaran pengabdian kepada masyarakat secara teratur dan terjadwal setiap tahun.
Jumlah PkM  yang dibiayai oleh pihak di luar PT 2 4 Mendorong para dosen untuk menyusun proposal hibah bersaing melalui kegiatan workshop.
Sasaran Mutu Tahap I Tahap II Strategi Pencapaian
2018/2019 2019/2020 2020/2021 2021/2022
C.  Penataan Kelembagaan dan Sistem Manajemen
a.   Penataan Kelembagaan
Terlaksananya tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan adil –     Meningkatkan koordinasi dengan dosen dan staf untuk meningkatkan manajemen tata pamong.
–     Meningkatkan kerjasama dengan institusi lain untuk memperkuat tata pamong.
Terlaksananya pola kepemimpinan (kepemimpinan operasional, organisasi dan
kepemimpinan publik)
Melaksanakan pola kepemimpinan (kepemimpinan operasional, organisasi dan kepemimpinan publik) secara konsisten
Terlaksananya sistem pengelolaan program studi 1.    Melaksanakan sistem pengelolaan program studi secara konsisten dalam rangka  pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran program studi.
2.    Memanfaatkan internet dan intranet dalam proses tata kelola dan pembelajaran.
b.   Sistem Manajemen
Tersedia Pedoman penjaminan mutu internal Optimalisasi Sistem Pengendalian Mutu dalam kerangka ISO dan penjaminan mutu internal
Tersedianya SOP Pengembangan SOP, penerapan yang konsisten dalam kerangka ISO dan penjaminan mutu internal, serta peninjauan ulang SOP secara periodik
Terlaksananya sistem penjaminan mutu internal dan eksternal yang sesuai standar 1.    Menerapkan prinsip penjaminan mutu yang sesuai standar nasional pendidikan.
2.    Menindaklanjuti hasil evaluasi internal secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas program studi.

Selengkapnya Dokumen Rencana Startegis dapat diunduh disini!

Attachments